About

Cara Seo Blogger
Unknown

Padang Savana di Ujung Timur Pulau Jawa

Padang Savana sebutan bagi Taman Nasional Baluran.
Tidak perlu kita jauh pergi ke afrika untuk menikmati keindahan Padang Savana, Cukup pergi ke Taman Nasional Baluran yang berada di ujung timur pulau jawa.
Taman Nasional Baluran sendiri termasuk wilayah Kabupaten Situbondo, namun jaraknya lebih dekat dengan Banyuwangi. Terletak diperbatasan Banyuwangi Situbondo. Letaknya tidak sulit untuk dicari. Pintu masuk berada di pinggir jalan Banyuwangi - Situbondo. Yaitu jalan akses utama jalur utara untuk menuju ke Bali.

Taman Nasional baluran teletak di Desa Wonorejo, Kec Banyuputih Kab. Situbondo. Di Lereng Gunung Baluran. Daerah ini tampak padang yang tandus pohon yang kering yang biasa disebut seperti daerah Afrika. Mempunyai luas sekitar 25 ribu Hektar dan banyak terdapat satwa satwa liar seperti rusa, banteng, kerbau, monyet dll. 

Perjalanan dimulai pada tanggal 7 Mei 2016 tepat saat libur panjang long wekend perjalanan dari Banyuwangi sekitar 1 Jam Lebih tergantung roda motor berputar...hehehe. Perjalanan saya kali ini bersama dengan teman SMP dari Banyuwangi. Mumpung liburan kita jalan jalan. Setelah melalui perjalanan sebentar dari Banyuwangi lanjut memasuki Gerbang Utama Taman Nasional Baluran kanan jalan jika kita dari Banyuwangi. Di Taman Nasional Baluran kita harus membayar tiket Rp 15.000/orang dan Rp 5000/motor. Tiket itu berlaku pada hari biasa dan jika hari libur Rp 17.500/orang. Setelah tiket ditangan lanjut kita memasuki wilayah hutan musim yang lebat sekitar 5 km atau sekitar 40 menit perjalanan motor. Dijalan hutan musim ini cukup berbatu hal ini yang menyebabkan perjalanan kita lambat.Tapi ini yang disebut petualangan alam. 


Perjalanan yang panjang untuk menuju Taman Nasional Baluran Savana Bekol.


Jalan bebatuan yang penuh rintangan membuat perjalanan semakin panjang untuk menujung padang savana Taman Nasional Baluran yang merupakan Savana terluas di pulau jawa.








Kawasan Taman Nasional Baluran termasuk Hutan daerah kering yang rawan kebakaran. Dan jika kita sampai di padang savana kita tidak boleh memasuki kawasan tersebut dengan sepeda motor. Semua itu sudah tertulis di Poster larangan diatas.

Setelah sekitar 40 Menit perjalanan bebatuan sampai juga di Padang Savana Taman Nasional Baluran. Dan hal saya lihat pertama adalah banyaknya orang yang ingin berfoto dengan landscape sebuah pohon. Apa yang dicari foto disana ?? ya karena tempat itu sangan pas buat foto.... Padang Savana yang luas dengan cuaca yang panas dan cerah tidak menidurkan mata ini untuk beristirahat. 



Dan  setelah kami berhenti sejenak untuk melihat sekitar Padang Savana, saya disuguhkan pemandangan yang luar biasa. seperti ini.


Banyak sampah berserakan di sekitar jalan ini. mungkin tidak adanya tempat sampah disekitar area ini membuat orang orang yang berpendidikan ini membuang sampah dimana saja. Kita sendiri sebagai orang yang dikatakan berpendidikan tinggi seharusnya bisa menjaga kebersihan.

Melanjutkan Trip Adventure menuju padang savana.


  
Sangat luas padang savana yang berada di ujung timur pulau jawa dengan hamparan rumput. Mungkin jika kita berlari menuju gunung membutuhkan satu galon air, hahaha. jika kita beruntung kita akan berjumpa dengan rusa banteng kerbau atau hewan lainnya. 

Akan rugi jika kita tidak mengabadikan foto di sepanjang kawasan Taman Nasional Baluran. 


Foto ini diambil disepanjang jalan padang rumput taman nasional baluran. Tracking ke kawasan Taman Nasional Baluran tidak sulit hanya menggunakan sepeda motor kita bisa ke mana saja mengitari Padang Savana. tentunya tetap mengikuti aturan dengan tidak masuk ke area padang savana dengan sepeda motor. 


Jalan sudah tersedia di Kawasan Taman Nasional Baluran jadi jangan trek trekan di padang rumputnya ..






Setelah cukup puas menikmati pemandangan padang savana baluran, perjalanan dilanjut menuju pantai Bama. Pantai yang berada di ujung Taman nasional Baluran, sekitar 3 km dari kawasan ini. Diperjalanan kami melewati padang savana dan sedikit hutan yang banyak terdapat monyet liar.



PANTAI BAMA

Sampai juga di Pantai Bama. Pemandangan di Pantai Bama sangat tenang hampir tidak ada ombak di pantai ini. Pemandangan pantai ini sangat indah dengan pasir putihnya. Air laut yang tenang bening dan tidak terlalu dalam membuat kita bisa melihat karang karang.



 Banyak tempat bersantai hanyak sekedar duduk untuk beristirahat.


Setelah puas dengan Taman Nasional Baluran waktunya kembali ke Banyuwangi dan untuk yang belum pernah kesini sangat recomended untuk kesini. Kemana lagi kita mau melihat padang savana yang murah dan dekat. Salam dari Banyuwangi.


By Risang Aji Fahreza - Banyuwangi

Unknown

About Unknown -

Hanya seorang blogger biasa yang miskin terhadap ilmu agama dan akan terus belajar agama

Subscribe to this Blog via Email :

4 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
17 Mei 2016 pukul 05.17 delete

Semangat risang adjie fahreza (adekku)

Reply
avatar
18 Mei 2016 pukul 03.49 delete

Wah, pemaparannya lumayan lengkap.. N foto2 nya juga bagus. Sayang saya belum pernah kemariπŸ˜„

Reply
avatar
22 Mei 2016 pukul 16.12 delete

πŸ‘πŸ‘πŸ‘ hehe

Reply
avatar